July 1, 2013

The Scenic South Lombok

Selama gue dan ke-4 teman berada di Lombok, boleh dibilang kami lama tinggal di Pantai Kuta. Yak.. namanya Kuta, sama dengan kayak yang di Bali. Bedanya kalau di Bali sudah sangat ramai, pantai Kuta di Lombok boleh dibilang sepi atau mungkin gue datang blom musim liburan yak hehehehe. Yang pasti tidak ada macet lah. Posisi pantai Kuta hanya 30 menit arah Selatan berkendara mobil dari Bandara Internasional Lombok. Melewati jalanan yang mulus dan rimbun dan kadang-kadang pemandangan pohon-pohon yang rindang.
Kuta Landscape
Dari semua perjalanan selama 5 hari mengelilingi Lombok, buat gue Lombok Selatan adalah yang paling indah baik pantai-pantainya juga bukit-bukit hijau yang mengelilinginya. Untuk menjelajah kawasan Selatan Lombok bisa dilakukan dengan naik mobil atau motor (sewa). Ada banyak pantai-pantai yang bisa dikunjungi selama berada di Selatan Lombok. Pantai Seger yang posisinya dekat Novotel Lombok. Jika ingin mengejar sunrise, Pantai Seger adalah tempat yang pas. Kita bisa naik bukit untuk mendapat landscape yang indah. Di kawasan Kuta banyak tempat menginap, jadi jangan khawatir tidak kebagian tempat untuk tidur. Kuta cenderung sepi apalagi kalau low seasons. Mau menginap tanpa harus reservasipun alias go-show juga bisa.

Dari pantai Kuta bisa menuju ke Pantai Mawun kemudian Selong Belanak. Nah,... perjalanan dari Kuta menuju ke arah Selong Belanak inilah yang menurut gue pemandangannya paling cantik. Bukit-bukit hijau teletubies dilatarbelakangi oleh langit biru bersih, berkali-kali membuat kami berdecak kagum bahkan berhenti dari mobil hanya sekedar untuk foto. Dari pantai Kuta menuju Selong Belanak lumayan jauh, sekitar 1 jam perjalanan. Pastinya ga ada macet. Macet terjadi kalau ada segerombolan kerbau nyebrang jalan :D.

Tiba di Selong Belanak perhatian kami tidak langsung masuk ke pantai tersebut. Tapi lebih mempertanyakan pantai di seberang Selong Belanak. Pasir putih di seberang lautan itu seperti memanggil-manggil kami untuk dikunjungi. Setelah bertanya dengan penduduk sekitar, nama pantai itu adalah Pantai Serangan. Dan setelah bertanya arah, kami langsung putar haluan menuju pantai tersebut. Sayangnya perjalanan tersebut harus terhenti karena tidak bisa dilalui oleh mobil, padahal tujuan kami tinggal 1km lagi jauhnya. Kalau penasaran sama pantai Serangan, silakan baca link ini ya.. hehehehe

Setelah dari Selong Belanak dan Mawun perjalanan lanjut ke Tanjung Aan. Kalau Selong Belanak dan Mawun ada di Barat, Tanjung Aan posisinya ada di timur Kuta dan tidak terlalu jauh alias sekitar 15 - 20 menit dengan mobil. Pantai Tanjung Aan juga tidak kalah cakepnya sama Mawun dan Selong Belanak. Bahkan garis pantainya juga lebih panjang dibanding kedua pantai yang sebutkan sebelumnya. Sayangnya waktu kami tiba disana tidak sampai setengah jam kemudian hujan turun dengan derasnya. Batal deh acara foto-foto :(


Seger Hill in the morning

Dawn Burning sky of  Seger Beach

scenic view Kuta - Selong Belanak



scenic view Kuta - Selong Belanak

Mawun Beach
Mawun beach background
a typical traffic jam in Lombok caused by water buffaloes

Mawun beach
Mawun Beach



























Summer in Lombok 2013, the series:

No comments:

Post a Comment