July 12, 2013

i left my heart in Gili Trawangan

yup!!
Buat gue Gili Trawangan seperti sudah menjadi icon dari pulau Lombok sebagai tempat liburan yang pasti berkesan dan asyik selain Bali tentunya hehehehe. Ini adalah kali kedua gue mampir ke pulau yang menawarkan sejuta pengalaman liburan. Pas dengan rangkaian liburan gue Juni kemaren, kami ber-5 menyempatkan untuk mampir ke pulau ini karena dua temen kami belum pernah ke tempat ini sebelumnya. Perjalanan kami dari selatan Lombok langsung menuju ke bagian utara. Kami tiba di dermaga Bangsal jam 6 sore tepat disambut oleh matahari terbenam yang indah. Awalnya kami khawatir tidak akan mendapatkan kapal menuju ke Gili T karena sudah lewat waktunya. Tapi kami beruntung karena ada kapal yang mau menuju kesana dengan membawa beberapa penumpang walaupun kami harus membayar Rp 20.000 (normalnya Rp 10.000).
sunset at Bangsal harbour
Tiba di Gili T. kami langsung mencari penginapan dan untungnya pada saat kami datang ke tempat ini belum memasuki high season sehingga dengan mudahnya kami mendapatkan tempat. Beberapa calo menawarkan penginapan kepada kami dengan harga yang bervariasi tergantung budget yang kami miliki. Jangan lupa dicek penginapannya apakah sesuai dengan yang kita ingini dan pastinya ditawar biar harganya murah. Biasanya mereka sangat berkompromi jika musimnya tidak ramai ;). Penginapan di Gili T. bermacam-macam, dari mulai yang paling murah sampai yang mahal semuanya ada di pulau ini.
night market at Gili Trawangan
my always favorite gelato
Acara kami selanjutnya adalah makan malam dan memutuskan untuk menuju ke night market. Di tempat ini ada banyak penjual makanan yang cukup murah kalo dibandingkan dengan restoran-restoran yang ada di pulau. Harganya kalo menurut gue sama dengan makanan di Jakarta sih. Yang paling ngenes adalah ketika gue beli jajanan pasar yang harganya Rp 5.000/pc which is mahal dan rasanya so so dan ketika para bule yang beli harganya langsung naik 2x lipat jadi 10ribu sajah... ckckckck. Setelah makan kami menuju ke pantai sekitar pulau... aga aneh si ngomongnya secara ketemunya pantai mulu yak hahahahah. Maksudnya nyari pantai yang bisa buat duduk sambil makan gelato :D

Keesokan hari kami menyewa sepeda untuk berkeliling Gili T. Gili Trawangan bisa dikelilingi dengan hanya jalan kaki tapi cukup jauh dan emang yang bener-bener niat sih. Kalo buat gue ber-sepeda ria adalah cara yang tepat selain murah juga nggak terlalu cape. Harga sewa sepeda sekitar 30 - 50 ribu/hari tergantung nego. Kalo males ngayuh sepeda bisa naik cidomo a.k.a delman untuk ngelilingin pulau. Karena ngga pernah naik cidomo jadi gue ga tau berapa range harganya.
the best way to go around Gili Trawangan is biking!
a morning look out of Rinjani from Gili Trawangan
Kalo ditanya what-to-do di Gili T.. banyaakkkkk. Selain berkeliling pulau. Kita juga bisa island hoping ke Gili Air dan Meno. Banyak operator yang nawarin paket2 untuk snorkeling ke pulau sekitar dan biasanya mereka menggunakan juga glass bottom boat jadi kita bisa liat tuh ikan-ikan dibawah perahu. Kalo diving operator juga banyak. Mau ambil license juga bisa. Banyak juga operator yang nawarin tour ke Pulau Komodo.

One thing for sure, I will never get bored to be at Gili Trawangan ! I will come back someday ;)
swimming is must!
How to go there:
Dari Bandara Internasional Lombok naik DAMRI ke Senggigi. Dari Senggigi bisa naik angkot menuju Pelabuhan Lembar atau kalo rame2 bisa patungan naik taxi (Bluebird atau Express - argonya sama) dari Sengigi. Naik taxi sekitar 40 - 50 ribu. Di pelabuhan Lembar naik kapal umum ke Gili T. harga tiketnya 10ribu sajah.