October 11, 2012

Ber-Vintage-Ria di Pasar Senen


Hampir semua perempuan pasti suka shopping, termasuk gue sih pastinya.Tapi apakah itu termasuk belanja di pasar loak atau istilah bahasa Inggrisnya Flea market? Well, I doubt that! Mungkin orang-orang akan bertanya-tanya, "Ya, ampun sumpe loo belanja baju di pasar loak? Kaga gatel-gatel tuh badan lo? Well.. who cares. Toh selama ini gue pakai baju aman-aman aja tuh.

Pasar Senen
Gue adalah salah satu yang termasuk penggemar belanja baju-baju bekas di pasar loak, tepatnya second hand market yang berlokasi di Pasar Senen. Awalnya mulanya waktu kuliah dulu, karena gue kuliah di kampus sekretaris yang mengharuskan gue untuk memakai rok dan kemeja setiap harinya. Waktu itu nyokap ngebawa gue ke daerah Pasar Baru letaknya tepat di Pasar Atom lantai 3. Kalau elo yang hobby beli printilan kamera pasti tau tuh tempatnya. Nah,... letak Flea marketnya tepat satu lantai di atas lantai yang menjual kamera itu. Awal masuk kerja agak jarang juga mengunjungi Flea Market ini. Salah satu alasan karena waktu dan udah punya uang sendiri jadi masih sanggup lah beli baju baru hehehe.Bukan berarti sekarang gag sanggup beli yang baru lo, tapi lebih ke kepuasan kalo bsia dapat barang bagus dengan harga murah, puasnya tuh beda banget gituh :D.

 

Dulu gue sering belanjanya ke Pasar Baru, sekarang ini pindah ke Pasar Senen yang berlokasi di Gedung Proyek Senen. Gedung ini dulu di tempati oleh Ramayana dan juga Matahari Dept. Store. Kalau dulu  mereka jualan di pinggir jalan sehingga menyebabkan macet yang luar biasa, sempat juga pindah di lapangan parkir yang sekarang jadi tempat jualan kue-kue subuh. Sampai akhirnya sekarang menempati dua gedung tersebut. Kenapa gue nggak lagi belanja ke Pasar Atom - Pasar Baru karena yaaa menurut gue lebih mahal dari Pasar Senen hehehe, lumayan bedanya bisa 5.000 - 10.000 (ya elaahhh..... :D). Gosipnya malah gedung yang sekarang ditempati akan dihancurkan untuk kemudian dibangun yang baru.

Satu lagi yang seru dari Pasar Senen, para pedagangnya lebih unik dalam menjajakan dagangannya.Dengan modal suara kencang sambil menarik perhatian pembeli dengan pantun dan kadang-kadang nyanyi. Biasanya mereka suka ngebawa nama artis2/seleb juga, kaya gini nih: yang diatas meja 5000 saja kakak, murah sekali kak, Julia Perez aja belanjanya disini :D.


Harganya Gimana? 
Yah, namanya juga pasar barang bekas ya pasti miring semiring-miringnya. Boleh percaya atau nggak terakhir gue ke Pasar Senen dengan hanya ngebawa uang 200.000 udah bisa bawa pulang 12 lembar baju (1 jeans, 6 terusan, 2 kemaja dan 3 rok) .. puwasssss!!!!! Ya pastinya kemampuan menawar harus dikerahkan. Selain itu salah satu cara untuk dapetin harga murah dengan membeli 2 - 3 lembar baju/barang di satu tempat. Mereka biasanya akan kasih harga makin murah.

Kualitas baju/barang?
Di tempat inilah QC harus dijalankan, which is diri elo sendiri :D. Harus teliti dengan baju/barang yang pengen dibeli. Cacat sedikit masih OK lah, tapi jangan sampai yang major kaya sobek. Kalau ada noda coba di cek apakah noda tersebut nantinya bisa dicuci dan hilang. Usahakan barang yang kita beli dalam kondisi baik. Kalau baju tersebut kusut belum tentu jelek lo, malah kadang-kadang ada yang masih brand new dan masih ada tag harganya. Jadi lumayan kan? Dapat barang 'baru' dengan harga super duper murah. Malah kadang-kadang bisa dapet barang branded ;).

Emang yang dijual apa aja sih?
BANYAAAAAAAAKK. Yang pasti pakaian cewe dan cowo untuk segala cuaca dari mulai summer dress sampai winter. Teman saya yang pergi ke Eropa saja berhasil dapat 2 buah jacket cakep yang lapisannya bulu angsa buat penahan udara dingin dengan harga 100ribu/pc saja sodarah-sodarah. Belum lagi sarung tangan. Ada sepatu, tas sampai onderdil cewe dari mulai celana dalam sampai BH pun juga ada (kalo yang satu ini sih udah pasti gue kaga beli kaleeee). Eh, baju anak-anak juga ada lo, termasuk bed cover sampai sleeping bag pun tersedia.

Ini bukan mall lo!!! 
Yup, cuma gedung lama yang kaga ada ACnya sama sekali, jadi kalo masuk ke dalam sudah pasti sumpek dan panas luar biasa. Pengap karena bau debu dari pakaian-pakaian tersebut. Makanya kalo ke tempat ini kalo perlu pake celana pendek dan baju kaos ajah biar ga kepanasan. Kaga perlu dandan cakep.. siapa juga yang mau lo kecengin di dalam? :D Yang ga kalah penting barang bawaan simpel aja, hati-hati dengan barang bawaan yang kita bawa. Banyak copet!!

You will never know what you get there ;)
Kenapa gue bilang gini? Beberapa kali ke tempat ini dengan rencana mau beli ini itu, ternyata semua yang gue pengen ga dapet. Akhirnya setiap kali datang gue mencukupkan diri dengan uang dan membeli barang yang menurut gue bagus dan pas di hati ... ihiiyyy :D. Malah dapatnya lebih banyak deeehh. Jangan malu juga untuk 'digging' baju-baju yang numpuk di atas meja atau yang digantung, karena kadang-kadang bisa dapet 'harta karun'. Oh iya, kalau sudah dapet barang yang bagus jangan sia2kan yaa, soalnya sudah dipastikan tidak ada yang ngejual lagi hehehehe.

HAPPY VINTAGE SHOPPING !!!!!!!

14 comments:

  1. iyy tuu.....the bezt lh tu pasar...
    w aj dpt brg branded trknl...n hrg.a murahh bgt bgt bgt....

    ReplyDelete
  2. Emang bener, pasar baru lebih mahal dari senen

    ReplyDelete
  3. Dimananya senen sih? Pernahnya ke senen yg kyk mall gitu.
    Pengen banget iiiih berburu barang vintave gini

    ReplyDelete
  4. lokasinya di proyek senen gedung lama. Tanya aja pasar barang second hand, hampir semuanya tau tempat ini.

    ReplyDelete
  5. Halo sesama penggemar pasar senen!! Gw nyasar ke blog lo karena lagi mau ngepost tentang senen di blog gw, jadi gw liat dulu "pasaran"nya hihihi^^.

    ReplyDelete
  6. haloo...gw jg lg ktagihan nih blanja di pasar senen..
    terakhir gw blanja di sana gw dpt 6 blazer,4 rok,1 blouse,2 t-shirt,1 jacket,1 mini dress dan 2 shal dengan bermodalkan 120.000..!!!
    can u believe it..??
    rasanya tuh puaassssss....!!!

    ReplyDelete
  7. Itu di satu toko belinya ? Biasa beli di toko mana aja yg barangnya keren?

    ReplyDelete
  8. beberapa toko. waduh.. gag inget kalo dimana aja, saya ga pernah tau nama toko, karena emang ga ada kayanya.

    ReplyDelete
  9. wah sama mba, aku juga suka belanja di Senen. walopun sedihnya suka diketawain and diledekin, hiks

    ReplyDelete
  10. sy jg fans brg seken sis.pgn bgt ke psr senen.kl naik komuter line dr rawa buaya trus transit di duri tar lgsg nyampe ke pasar senen ato hrs ganti komuter lg?kl dah nyampe psr senen jauh gak ke lokasi bj bekasnya?ato hrs naik bajaj/angkot lagi?mohon petunjuknya sodara sodara...kamsia...

    ReplyDelete
  11. Skrng ini msh ada ga ya pasarnya. Aku pngen beli coat untuk winter. Tks

    ReplyDelete
  12. Skrng ini msh ada ga ya pasarnya. Aku pngen beli coat untuk winter. Tks

    ReplyDelete