July 18, 2016

Berkunjung ke Hallstatt

Musim semi 2016 lalu tepatnya bulan Mei, dalam rangkaian traveling gue ke Eropa gue Hallstatt, Austria. Hallstatt sebenarnya off the list banget, tujuan utama adalah Salzburg untuk ngeliat sitenya pembuatan film Sound of Music tapi entah kenapa jadi putar haluan ke Hallstatt karena iseng-iseng browsing daerah sekitar Salzburg. Dan keputusan untuk berkunjung ke Hallstatt adalah keputusan tepat yang gue buat. Desa ini cakep banget, ga heran kalau masuk sebagai UNESCO Heritage Cultural Landscape dan ada KW 2 nya di Cina tepatnya di Guangdong hehehehe.

Desa Hallstatt
How to go to Hallstatt from Salzburg?
Dari Salzburg ke Hallstatt gue menggunakan bus umum. Bisa juga naik kereta tapi nggak lebih cepat juga malah lebih lama 20 menit dibandingkan naik bus selain itu naik kereta lebih mahal.

Naik Bus #150 dari Salzburg Main Station ke Bad Ischl, tiket bisa di beli langsung ke supirnya atau beli di main station. Dari Bad Ischl Station ganti bus #542/543. Harga tiket oneway ke Hallstatt total Euro 15.00. Jangan lupa untuk lihat time table bus karena tidak semua bus #150 akan nyambung dengan bus #542/543. Awalnya aga bingung kenapa ada dua nomor, awalnya pakai bus #542 pas ditengah jalan ternyata busnya ganti lagi menjadi #543. Kalo bingung lebih baik tanya-tanya ke supirnya biar kaga nyasar. Perjalanan dari Salzburg ke Hallstatt selama 3 jam itu emang lama, tapi ga bakal bikin bosen karena sepanjang jalan disuguhkan pemandangan yang baguss banget. Walopun sempet tidur2 ayam disepanjang jalan karena masih ngantuk bangun pagi hahahah.

What to do in Hallstatt?
Daytrip Salzburg ke Hallstatt mungkin banget untuk dilakukan asal jalannya pagi banget dari Salzburg balik kembali ke Salzburg sore hari. Desa Hallstatt kecil banget dan bisa dieksplore dengan jalan kaki kecuali kalau mau ke mining salt dan beberapa site lainnya yang ada disekitaran desa. Kalau buat gue sight seeing di desanya sambil kasih makan angsa dan lunch di pinggir danau Hallstatt udah cukup banget. Sempat juga ke World Heritage view point ke arah Salt Mine dengan naik funicular seharga Euro 16.00 pp, aselik mahal banget tapi nggak rugi karena pemandangannya kece berat. Buat gue rugi banget kalo ke Hallsatt tapi nggak naik dan melihat pemandangannya. Kalau mau murah bisa aja di combine, naik pake funicular turunnya jalan kaki atau pp jalan kaki tapi ya resikonya harus nanjak ketinggian sekitar 500 meter hehehehehe.

Enjoy the photos





The World Heritage View



Jalan setapak menuju World Heritage View dan Salt Mining




2 comments:

  1. Halooo... aku mau tanya kalau ke mining site itu biayanya berapa ya? Kalau cuma ke "world heritage view", ada tiket masuknya gak? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya ke world heritage view bisa gratis asal mau trekking ke atas. Kalau pakai Funicular bayar 8 Euro/way. Ke Salt Miningnya seinget saya bayar juga, cuma kurang tau harus bayar berapa.

      Delete